Selasa, 08 Maret 2011

MEDIA PROMOSI PT.DJARUM,TBK

Dalam Metode Sales Promotion, Djarum Black menggunakan beberapa strategi dalam sales promotion antara lain :

1. Sales Promotion Girl (SPG)
Hampir disetiap event dan kegiatan promosi penjualan yang dilakukan oleh
Djarum Black, Sales Promotion Girl (SPG) yang menawarkan produk rokok ini benar-benar seksi, cantik dan menggoda. Jujur saja saya sebagai perokok aktif dan juga mengkonsumsi Djarum Black merasa tertantang untuk sekedar membeli rokok dan menggoda SPG Djarum Black. Dari beberapa teman saya yang cantik dan seksi yang berprofesi sebagai SPG rokok, mereka sangat tertarik menjadi SPG produk rokok ini. Menurut mereka karena setiap event yang diadain Djarum Black selalu kegiatan yang bernuansa lifestyle anak muda dan rokoknya pun banyak digemari anak muda. Sehingga mereka merasa senang menjual produk rokok ini dan sekaligus ikut nimbrung dalam event-event gaul Djarum Black. Kalau menurut mereka sih : work hard, play hard.







2. Kegiatan stock produk dan Iklan di Market
varian produk Djarum Black
Hampir disetiap warung, mini market, agen, supermarket, maupun perusahaan ritel hypermarket pun kita pasti menemukan produk Djarum Black. Inilah strategi promosi yang dilakukan oleh Djarum Black dengan merangkul beberapa usaha kecil hingga menengah melalui stock produk dan menumpang iklan di tempat usaha mereka. PT Djarum dalam hal ini bekerjasama dengan para pemilik usaha dengan menumpang beriklan di tempat usaha mereka yang berupa poster, banner, dan mengecat tempat usaha mereka dengan gambar produk Djarum Black, lalu PT Djarum menstok rokok Djarum Black dengan harga murah. Promosi ini banyak diminati oleh beberapa pemilik usaha dikarenakan setiap pemilik usaha yang berminat untuk tempat usahanya di desain Djarum Black, maka mereka akan mendapatkan uang dari PT Djarum.

Public Relation
Promosi dengan cara ini banyak dipakai oleh perusahaan dalam mengembangkan, memasarkan, dan memberikan citra/image dan kualitas yang baik bagi suatu produk. Biasanya strategi promosi ini digunakan seperti : publisitas produk, menggunakan public figure, ataupun public relation dengan media.

Publisitas mencakup berbagai bentuk komunikasi tanpa-bayar guna meningkatkan citra perusahaan, produk atau merek. Sebagai contoh, artikel liputan khusus Majalah Marketing yang membandingkan sejumlah merek produk rokok yang memberikan informasi produk yang berguna bagi konsumen. Begitu pula, liputan produk serta merek-merek baru, komparasi merek-merek di majalah bisnis, koran atau internet, atau talk-show di radio atau televisi memberikan informasi produk pada konsumen.

Strategi promosi Public Relation yang digunakan PT Djarum dalam memasarkan produk Djarum Black adalah dengan menggunakan komunitas-komunitas otomotif dan lifestyle, yaitu
Black Car Community (BCC), Black Motor Community (BMC), Black Community, serta Komunitas Djarum Black lainnya yang bertujuan untuk memasarkan dan menjadi duta / icon dari Djarum Black; selain dengan Komunitas Black, PT Djarum juga sering memberikan publisitas dan public relation di berbagai media sehingga citra / image dan kualitas dari produk semakin dipertimbangkan oleh konsumen dalam jajaran produk sejenis yang dipromosikan oleh pesaingnya;

Dari Publisitas ini PT Djarum berharap bahwa media akan melaporkan event-event
Djarum Black dan mungkin sekalian memuat gambar produk. Namun, perusahaan hanya punya kontrol yang lemah atas publisitas yang akan muncul.

Trade Fairs and Exhibition
Promosi ini sering dilakukan perusahaan dalam mendukung berbagai kegiatan lifestyle, inovatif dan kreatif bagi komunitas dan anak muda. Hampir setiap event yang diadakan oleh
Djarum Black, pasti selalu ramai akan peserta kontestan maupun pengunjung yang ingin ikut terlibat disetiap kegiatan Djarum Black itu sendiri. Kegiatan-kegiatan Djarum Black pun dapat bersifat lokal (regional), nasional maupun internasional.

Kegiatan Djarum Black terbagi atas 3 kelompok:
1. Dalam Otomotif, event
Djarum Black Motodify, Djarum Black Night Slalom, Autoblackthrough, dan Autoblackthrough goes to campus.
2. Dalam dunia teknologi dan inovatif, event
Blackinnovationawards, Blackinnovationawards goes to campus.
3. Dalam dunia Lifestyle, event andalannya adalah
Black In News, Djarum Black Slimznation, Djarum Black Menthol Power Beat dan Djarum Black Blog Competition.
Kegiatan-kegiatan di atas merupakan event-event andalan dari
Djarum Black dalam merebut konsumennya yang merupakan perokok aktif dan perokok pasif dari para pesaing produknya.
salah satu event Djarum Black

Advertising
Iklan adalah penyajian informasi non-personal tentang produk, merek, perusahaan atau gerai yang didanai sponsor. Iklan bertujuan mempengaruhi citra, keyakinan, dan sikap konsumen terhadap produk dan merek, serta perilaku konsumen. Bahkan, iklan bisa dianggap manajemen citra, yakni menciptakan dan menancapkan citra serta makna-makna di benak konsumen. Iklan biasanya disampaikan lewat televisi, radio, media cetak, billboard, signboard, atau media lain seperti balon udara, T-shirt, internet dan lain-lain. Meski konsumen umumnya menerima eksposur ratusan iklan tiap harinya, namun mayoritas pesan ini kurang begitu diperhatikan dan dipahami. Maka, tantangan pemasar adalah bagaimana menata pesan-pesan iklan dan menyeleksi media sehingga mengekpos sebanyak mungkin konsumen, memancing perhatiannya dan mampu mendorong proses pemahaman dan perubahan sikap ke arah yang dikehendaki.

Strategi Promotion Mix ini merupakan metode yang paling banyak dan sering digunakan oleh PT Djarum dalam memasarkan produk
Djarum Black, PT Djarum menggunakan iklan melalui media TV, Radio, Media Cetak, bahkan Media Internet (website, blog, kolom rubrik iklan). Dalam metode advertising ini dalam menentukan biaya iklan yang dikeluarkan ada yang bersifat mahal dan ada juga yang murah.

Sponsorship
Sponsorship mungkin bisa lebih efektif ketimbang iklan, lantaran konsumen tidak merasa perlu menyaring pesan. Strategi ini hampir sama dengan publisitas.

Sponsorship adalah cara promosi produk pada suatu perusahaan / organisasi dengan ikut serta dalam suatu event, karena cara ini sangat efektif dilakukan banyak perusahaan untuk menciptakan dan mengangkat image suatu produk di mata konsumen.

Dalam bauran promosi ini,
Djarum Black telah banyak melakukan sponsorship (kerjasama dalam sponsor) dengan banyak kegiatan yang dilakukan baik dari segi kegiatan non profit sampai profit, dari kegiatan yang kecil sampai kegiatan besar, dan dari kegiatan daerah sampai kegiatan internasional.

Kegiatan sponsorship yang biasa dilakukan oleh
Djarum Black adalah kegiatan yang bersifat entertainment, lifestyle dan komunitas.

Corporate Social Responsibility
Anda bertanya kenapa CSR menjadi strategi promosi juga, karena menurut saya Program CSR juga menjadi salah satu media bagi perusahaan dalam memposisikan dirinya agar dengan mudah diterima di masyarakat secara luas. Dengan melakukan Program CSR maka citra yang negatif bagi produk rokok akan hilang dan akan tergantikan dengan citra yang positif. Bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR bisa direalisasikan melalui pemberian beasiswa kepada wartawan, mahasiswa dan anak-anak sekolah yang berprestasi, proyek bantuan lingkungan dan kegiatan lainnya di bawah nama perusahaan atau nama produk industri rokok tersebut. Saat ini PT. Djarum sukses menyalurkan beasiswa Djarum melalui program Bakti Pendidikan. Para penerima beasiswa Djarum ini selanjutnya disebut Beswan Djarum.
Beswan Djarum adalah salah satu Program CSR Djarum

Kita semua tahu bahwa tujuan dari promosi adalah menumbuhkan ransangan (stimuli) dan image pada orang terhadap produk yang bersangkutan.

Hampir semua produk dan merek sukses perlu komunikasi pemasaran (marketing communication) guna menciptakan keunggulan differensiasi yang kebal atas para competitor (pesaing)-nya.

Bagi pemasar modern, instrumen utama komunikasi pemasaran mestinya tidak terbatas pada iklan, promosi penjualan, dan publisitas (Marketing-PR) saja, namun juga termasuk sponsorship, komunikasi dalam-toko, pemasaran langsung, dan trade shows serta pameran niaga.

Mungkin Strategi Promosi Djarum Black hampir sama dengan promosi produk rokok lainnya, tetapi yang perlu diingat dan perlu cermati oleh kita, bahwa pembeda dan kesuksesan dari strategi promosi Djarum Black adalah mereka telah sukses merangkul komunitas dan perokok pasif dalam mempromosikan citra Djarum Black di tengah masyarakat dengan berbagai kegiatan dan komunitas Djarum Black. Hal ini terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterima Djarum Black dalam mempromosikan rokok yang berasal dari perusahaan atau organisasi survey terkemuka yang berbasis bisnis dalam dan luar negeri.

19 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bagaimana saya bisa mendapatkan kiosbox untuk berdagang produk djarum, terima kasih, massagus99@gmail.com

    BalasHapus
  3. Gimana caranya saya mengajukan iklan berjalan di kendaraan saya yang berwarna putih dengan brand iklan pt.jarum super tbk??mohon infonya atau hubingi saya di no 083808902407 atau 081314855649....

    BalasHapus
  4. Selamat pagi...
    Maaf mau tanya pak bagaimana cara untuk acara aniversary club motor disponsori oleh jarum..
    Ini wa saya. 082213444453

    BalasHapus
  5. Selamat siang . Sya maw tanya. Bagaimana cara untuk kerjasana media promosi sepwrti asbak/tempat tisu dri pihak djarum . Sya bru buka tempat makan sperti foodcordt dengan kapasitas 150sit. Tolong hub secepatnya ya . +6287880008109 up. Yoyo. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Selamat siang . Sya maw tanya. Bagaimana cara untuk kerjasana media promosi sepwrti asbak/tempat tisu dri pihak djarum . Sya bru buka tempat makan sperti foodcordt dengan kapasitas 150sit. Tolong hub secepatnya ya . +6287880008109 up. Yoyo. Terimakasih

    BalasHapus
  7. Selamat siang . Sya maw tanya. Bagaimana cara untuk kerjasana media promosi sepwrti asbak/tempat tisu dri pihak djarum . Sya bru buka tempat makan sperti foodcordt dengan kapasitas 150sit. Tolong hub secepatnya ya . +6287880008109 up. Yoyo. Terimakasih

    BalasHapus
  8. Selamat siang . Sya maw tanya. Bagaimana cara untuk kerjasana media promosi sepwrti asbak/tempat tisu dri pihak djarum . Sya bru buka tempat makan sperti foodcordt dengan kapasitas 150sit. Tolong hub secepatnya ya . +6287880008109 up. Yoyo. Terimakasih

    BalasHapus
  9. Mohon maaf ni.. kami selaku member N ketua grub Cah Ngawi Perantau (CNP) akan mengadakan anniveraary tgl 11 November 2018 di tangerang.. saya berharap produk djarum bisa mendukung acara kami.. ni no telp/wa 085773884233 terima kasih

    BalasHapus
  10. Selamat Siang Bapak/ Ibu...
    Maaf mau tanya bagaimana cara jika acara aniversary dari club motor CB 150 disponsori oleh jarum.? Ditunggu infomarsinya.. Terimakasi
    Ini wa saya : 0895358131510

    BalasHapus
  11. Malam saya mau tanya bagaimana ya cari sponsor untuk anivv komunitas ojek online. Karna saya ingin mengundang. 1 pulau Jawa di Jakarta kemungkinan acara nya besar sekali . Bis hubungi Saya boeris 081291617669 ad watsap nya juga terima kasih

    BalasHapus
  12. Selamat siang!
    Apakah jarum bisa menjadi sponsor kegiatan KEJURNAS (kejuaraan nasional)
    Hub: 082364653554

    BalasHapus
  13. Selamat malam, maaf apa bisa memberikan sponsor dalam event tahunan antar kampung, hubungi 085878131934 santo

    BalasHapus
  14. Saya ada usaha studio musik di jakarta timur.kalau tembok minta di branding Djarum super bagaimana caranya y? Hub.081280882585

    BalasHapus
  15. saya bendahara event jalan sehat agustusan di perum rivera surabaya. apa bisa minta sponsor hubungi adil 081231938956

    BalasHapus
  16. Saya punya usaha kecil, bagaimana caranya usaha saya bisa di sponsor oleh pt djarum?

    BalasHapus
  17. saya mau ajuin buat acara aniv komunitas mobi, kmn y?
    wa 081905287638

    BalasHapus
  18. Saya punya rumah tempat strategis di kota garut jln merdwka dekat lapang kerkop..barangkali minat untuk di kntrak sewa untuk iklan bilboard...hub henhen 085281266493

    BalasHapus
  19. Saya mau nanya klw mau mengajukan kerja sama atau sponsorshir untuk acara event music caranya gimana ya ?
    Terimakasih

    BalasHapus